Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M. Kamis, 22/10/2020 pkl. 07.30 WIB memimpin Apel Hari Santri Nasional di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa. Acara yang dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan ini juga diikuti oleh Anggota  Forkopimda Kabupaten Tulungagung.  

Dalam acara yang mengambil tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” ini selaku komandan Apel dijabat oleh Ulin Nuha salah satu anggota Banser Tulungagung.  

Dalam amanatnya Bupati Tulungagung Drs. Maryoto mengucapkan selamat Hari Santri Nasional tahun 2020, kepada masyarakat Kabupaten Tulungagung khususnya kepada Keluarga besar Nahdliyin, dengan harapan, semoga peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 ini benar-benar membawa keberkahan bagi kita semua. “ Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya, akibat Pandemi Covid 19 yang belum usai. Oleh karena itu saya mengajak kepada hadirin sekalian untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, yaitu dengan memakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan dengan sabun/ handsanitizer, tidak bersalaman sehingga kita tidak terpapar Covid-19”. Kata Bupati.

Selanjutnya Bupati berharap agar melalui momentum Hari Santri hari ini, perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Spirit nasionalisme bagian dari iman, perlu terus digelorakan ditengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme. Islam dan ajarannya tidak bisa dilaksanakan tanpa tanah air. Mencintai agama mustahil tanpa berpijak di atas tanah air, oleh karena itu Islam harus bersanding dengan paham kebangsaan. Hari Santri juga harus digunakan sebagai revitalisasi etos moral kesederhanaan, dan spiritualisme yang melekat sebagai karakter kaum santri.

Selanjutnya Bupati mengajak kepada warga masyarakat Tulungagung untuk berdoa kepada Allah, semoga Kabupaten Tulungagung ke depan tetap dalam kondisi yang aman, tenteram dan kondusif, Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto, Baldatun Toyibatun Warobbun Ghofur sesuai harapan kita bersama.  (Nug/ Pro)

Komentar

By restu