Bupati Dan Kapolres Tulungagung Tinjau Longsor Di Pagerwojo dan Salurkan Bantuan

Tulungagung-Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo dan Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto meninjau lokasi longsor, di Dusun Kebonsari Desa/Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung, Senin, (8/3/2021).

Hujan lebat yang terjadi pada Sabtu (6/3) sore dirasakan oleh masyarakat Desa /Kecamatan Pagerwojo Tulungagung.

Kondisi tersebut mengakibatkan tebing setinggi 4 meter longsor mengenai rumah warga sekitar lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, satu rumah warga yang menjadi korban dalam bencana tanah longsor ini adalah rumah Gunawan (45).

Akibat kejadian ini, bagian dinding rumah Gunawan ambrol dan materi longsoran menutup sebagian ruang tamu rumah korban.

Dalam kunjungan kerja Forkopimda Tulungagung tersebut selain memberikan bantuan berupa sembako. Bupati Tulungagung Maryoto mengatakan, pihaknya akan mengupayakan penanganan pemukiman pada daerah pegunungan yang rawan longsor.

“Nanti kami bantu semen atau sembako, dan kami akan berpikir dan melihat terlebih dahulu kontur tanahnya yang di atas seperti apa, sehingga kami mengetahui apa yang harus kami perbuat untuk penanganan pemukiman yang ada di sini,” katanya.

Bupati menegaskan, kedepannya masyarakat di wilayah pegunungan supaya mengambil tindakan untuk penataan tanah, seperti membuat terasering sehingga peristiwa alam longsor dapat diminimalisir.

“Jadi saya minta kepada keluarga kami. Khususnya warga yang ada di pegunungan ini, dengan lahan yang miring ini kalau bisa ditatalah, dibenahi teraseringnya,” jelasnya. (copiteh)

Komentar