Tulungagung – Beragam upaya dilakukan oleh Polres Tulungagung untuk mengajak masyarakat berperan serta dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tulungagung, mulai dari membagi bagikan masker, memberikan coklat bagi warga yang bermasker hingga sanksi bagi pelaku pelanggar protokol kesehatan.

Tidak hanya itu saja, Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia telah memerintahkan anggotanya untuk menggelar lomba selfie “Ayo Pakai Masker”, mulai 22 September hingga 01 Oktober yang lalu.

Lomba tersebut diikuti  oleh netizen dan masyarakat Tulungagung, lebih kurang 168 peserta yang mengirimkan foto selfie mereka kepada panitia, hasilnya setelah melewati serangkaian proses seleksi, ditetapkanlah 3 orang pemenang lomba.

Hartono Dwi Santoso, juara pertama dalam lomba ini mengatakan, dirinya tak menyangka bisa menjadi juara pertama, sebab saat mengirimkan foto selfie ke panitia, dirinya sama sekali tidak berharap akan menjadi pemenang.

“Nggak nyangka pokoknya kirim gtu aja, lha selfienya juga saya ambil setelah pulang kerja juga gak ada persiapan,” jelasnya.

Pria yang berprofesi sebagai perawat ini mengaku tak ada persiapan khusus sebelum mengikuti lomba, dirinya hanya berniat mengajak masyarakat untuk giat menggunakan masker di masa pandemi.

“Niatnya ya cuman meramaikan dan mengajak masyarakat bersama sama menggunakan masker dengan disiplin di masa pandemi ini,” lanjutnya.

Sementara itu Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, lomba ini digelar untuk menggerakkan masyarakat melalui media sosial dan netizen untuk lebih patuh lagi mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi ini.

“Kita berikan hadiah kepada pemenang berupa uang pembinaan, kepada juara satu, dua dan tiga, kalau tujuan lomba ya untuk menggerakkan masyarakat agar semakin patuh menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, foto selfie yang dikirimkan peserta kepada panitia dan diupload ke internet bisa menggerakkan masyarakat untuk lebih sadar tentang pentingnya penggunaan masker di masa pandemi seperti ini.

Mengingat saat ini pandemi belum usai dan penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Tulungagung terus terjadi.

“Harapannya biar masyarakat terinspirasi untuk menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah,” pungkasnya.

Komentar