Ratusan Personil Terlibat Dalam Pengamanan Prosesi Ulambana

Polres Tulungagung melaksanakan pengamanan Ulambana (sembahyang rebutan) di Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung. Senin (19/08/2019)

Tradisi sembahyang rebutan tersebut rutin digelar setiap Tahun. Dalam kepercayaan warga keturunan Tionghoa, pada saat itulah Tuhan membuka pintu Neraka dan memberikan kesempatan kepada para arwah untuk turun ke Bumi.

Giat pengamanan dipimpin oleh Plh. Kabag Ops Polres Tulungagung AKP MUJIHARTO, A.Md., S.H.,M.H. dan Personil yang dilibatkan dalam pengamanan tersebut sebanyak 116 Polri personil Polri dan TNI.

Kegiatan Ulambana (sembahyang rebutan) dipimpin Oleh Pandita Samiran Dari Jombang dengan diikuti kurang lebih 50 umat Khonghucu.
Selesai pelaksanaan Sembahyang Ulambana / pelimpahan jasa arwah-arwah leluhur dilanjutkan dengan pembagian sembako berupa beras, minyak goreng, buah buahan dan mie kepada Masyarakat sekitar yang hadir kurang lebih 4.000 orang.

Plh. Kabag Ops Polres Tulungagung AKP MUJIHARTO, A.Md., S.H.,M.H. mengatakan “Pengamanan dilaksanakan untuk memberikan rasan aman kepada jemaah yang melaksanakan ibadah dan juga mengamankan proses pembagian sembako supaya masyarakat tertib dan antri untuk mencegah terjadinya kericuhan dan berdesak-desakan yang akan mengakibatkan jatuhnya korban”. Ucap Plh. Kabag Ops

“Untuk mendapat pembagian sembako dari pihak panitia Klenteng Tjoe Tik Kiong, panitia langsung mengumpulkan seluruh warga yang datang ke aula dengan dibagi menjadi dua kelompok, yakni lansia dan usia produktif”. Imbuhnya

Selama pelaksanaan pengamanan Kegiatan tersebut dari mulai prosesi sembahyang dan pembagian Sembako berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. (hum)

Komentar