Penertiban Usaha Penukaran Uang Asing Tanpa Izin

Kegiatan penertiban KUPVA BB (Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank) dilaksanakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri bersama Unit Pidsus Sat Reskrim Polres Tulungagung dipimpin IPTU Didik Riyanto, SH., MH beserta anggota di wilayah Kabupaten Tulungagung. Selasa (20/08/19).
.
Penertiban KUPVA BB tersebut dilakukan karena KUPVA BB tidak berizin rawan disalahgunakan sebagai sarana pencucian uang, pendanaan terorisme, peredaran narkoba antar negara, penipuan kurs maupun kejahatan lainnya.

Pelaksanaan pendampingan penertiban terhadap Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing tidak berizin oleh pihak BI perwakilan kediri di wilayah Kab. Tulungagung yang mana bagi KUPVA yang tidak memiliki izin dilakukan tindakan oleh petugas BI berupa penyegelan, penurunan atribut yg menunjukan layanan penukaran valuta asing dan menghentikan kegiatan penukaran valuta asing.

Terdapat 13 KUPVA BB tidak berizin yang telah ditertibkan dan diharapkan ke-13 KUPVA BB tersebut maupun KUPVA BB tidak berizin lainnya untuk segera mengajukan izin kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri.
.
Sebagai informasi, di wilayah Tulungagung terdapat 9 KUPVA BB yang telah memiliki izin usaha dan 2 (dua) KUPVA BB dalam proses perizinan dan kegiatan gabungan ini akan terus dilaksanakan sehingga tidak ada lagi ditemukan pelanggaran. (rz)

Komentar