UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2019

Tribratanews Tulungagung – Polres Tulungagung ikuti kegiatan Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman Pemkab Tulungagung.(1/6/19)

Terlihat Selaku Inspektur Upacara Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, M.M dan dihadiri oleh Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar, S.I.K., Dandim 0807 Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P,  Forkopimda Kab. Tulungagung, Anggota DPRD Kab. Tulungagung, Kepala Instansi kab. Tulungagung, Kepala OPD Pemkab Tulungagung, Camat Se-Kab. Tulungagung, Perwira Kodim Tulungagung, Perwira Polres Tulungagung, Danramil dan Kapolsek Jajaran dan Perwakilan SMP, SMA Kabupaten Tulungagung. Komandan Upacara yaitu Lettu Inf. Haryanto Danramil Kauman.

Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan Sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia sebagai berikut :
Pagi hari ini, Sabtu 1 Juni 2019 kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Indonesia.
Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman.


Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai – nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.
Berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilai – nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang  penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas Nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal lka”.(restu)

Komentar