OPS GABUNGAN POLRES TULUNGAGUNG DAN POLHUT MEMBUAHKAN HASIL

Tribratanews Tulungagung – OPS GABUNGAN POLRES TULUNGAGUNG DAN POLHUT MEMBUAHKAN HASIL

Berawal dari informasi masyarakat tentang adanya pencurian kayu di kawasan hutan wilayah Tulungagung bagian selatan dan hasil pengecekan Polhut (Polisi Hutan) sehingga dilaksanakan Ops Gabungan Polres Tulungagung dengan Polhut Tulungagung dan membuahkan hasil. Rabu (26/12). Petugas berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku/ sopir truck Mitsubishi AG 8299 UD yang mengangkut 170 batang kayu jenis jati ketika melintas di jalan depan SPBU masuk Ds. Selorejo, Kec. Ngunut yang diduga berasal dari Hasil Hutan petak 50A RPH Panggungkalak, Kec. Pucanglaban, Tulungagung.

Diketahui sopir truck tersebut berinisial AT (24) warga Ds. Panggungkalak, Kec. Pucanglaban, Tulungagung dan ketika ditanya petugas Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) tidak bisa menunjukkannya.

Menurut pengakuan pelaku/ sopir rencananya kayu tersebut akan dikirimkan ke daerah Pasuruan dan pelaku baru kali ini menjadi kurir kayu hasil curian meskipun sudah mengetahui kalau perbuatan tersebut melanggar Pidana.

Saat ini kasus tersebut masih didalami Unit Pidana Kusus (Pidsus) Satreskrim Polres Tulungagung guna proses penyidikan lebih lanjut dan menelusuri siapa aktor utama dan modus yang digunakan dalam kasus pencurian kayu tersebut. “Pelaku melanggar Pasal 83 Ayat (1) huruf b dan ayat (2) huruf b jo pasal 12 huruf e UURI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan Hutan dengan ancama penjara selama 5 tahun dan denda maksimal Rp 2,5 milyar.(rz)

Komentar