Belasan Senpi Anggota Ditarik Polres

Tim gabungan yang dipimpin bagian sarana dan prasarana Polres Tulungagung, Jawa Timur, menarik 13 pucuk senjata api milik anggota karena izin penggunaannya telah kedaluwarsa.

Pemeriksaan berlangsung seharian dengan menempatkan sedikitnya lima personel tim gabungan untuk memeriksa kondisi senjata, jumlah amunisi dan data pertanggungjawaban penggunaannya, serta persyaratan administratif anggota pemegang senpi.

“Sementara kami tarik sampai izin penggunaan senjata apinya diurus kembali,” kata Wakapolres Tulungagung, Kompol Arif Robby, Selasa (13/1/2015).

Pelucutan senjata api laras pendek tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan rutin pemeriksaan senpi 240 anggota di halaman Mapolres Tulungagung, sejak usai apel pagi.

Namun hingga menjelang sore hari, hanya 132 anggota pemegang senpi yang memenuhi panggilan untuk pemeriksaan rutin. Sisanya, kata Wakapolres Kompol Arif Robby, berhalangan hadir karena berbagai alasan, mulai tugas kedinasan di wilayah, pendidikan, ataupun sakit.

“Yang belum akan dijadwal ulang besok (Rabu, 14/1/2015) atau waktu lain di bagian sarpras (sarana dan prasarana) polres,” ujarnya.

Pemeriksaan itu sendiri meliputi tiga hal, yakni menyangkut kelengkapan surat pemakaian senpi, sertifikat psikologis anggota, serta kondisi fisik senpi. Dari ketiga poin tersebut, pelanggaran banyak terjadi karena anggota lupa/alpha tidak memperbaharui izin penggunaan senpi yang dipegang selama bertugas.

Akibatnya, dari total 132 anggota yang telah menunjukkan senpi masing-masing, 13 pucuk di antaranya terpaksa ditarik. “Kami ingin menegakkan disiplin anggota, terutama dalam hal penggunaan senjata api yang dipercayakan institusi Polri selama mereka bertugas,” kata Robby.

Ia menegaskan, anggota yang lalai dalam mengurus surat izin penggunaan senpi, tidak merawatnya dengan baik, kerusakan pada senpi ataupun ketidaklengkapan magazine yang tidak terlapor akan dijatuhi sanksi. “Bagi anggota yang kurang disiplin, nantinya akan diberikan sanksi,” tandasnya.

Di lingkup Polres Tulungagung, dari total 1.120 personel dari tingkat bawah hingga perwira, ada 240-an anggota yang diberi kepercayaan memegang senjata api.

Mereka wajib melakukan pemeriksaan ataupun pengurusan surat izin memegang senpi aktif setiap enam bulan sekali. Ada lima macam senpi jenis senpi/pistol yang dipergunakan di jajaran Polres Tulungagung, yaitu jenis revolver, detective, CPPS, COPS, dan Taurus.

Komentar