Banjir Bandang Terjang Kabupaten Kediri Bagian Barat

Kediri – Setelah diguyur hujan kurang lebih 2 jam , Desa Bulusari , Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri dilanda banjir bandang . Air yang berasal dari luapan sungai kecil-kecil di wilayah tersebut menerjang dan mutus akses jalan raya penghubung Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk.

Banjir bandang ini juga merendam rumah-rumah warga hingga ketinggian lutut orang dewasa. Sejumlah mobil dan sepeda motor banyak yang mogok , karena mesin kendaraan mereka kemasukan air.

Menurut keterangan Suprianto, warga setempat, sebelum terjadi banjir , hujan deras disertai angin kencang terjadi sejak sore hari . Tiba-tiba air naik ke jalan raya hingga masuk ke rumah-rumah warga.

“Banjir ini terjadi karena luapan air sungai-sungai kecil yang tersumbat. Air dari wilayah Kecamatan Grogol mengalir ke barat menerjang wilayah Desa Bususari,” ujar Suprianto, Kamis (26/3/2015) malam.

Selain memutus akses jalan dan masuk ke rumah – rumah warga, banjir juga menggenangi sebuah pondok pesantren (ponpes) di desa tersebut. Tempat kos para santri tergenang air hingga ke ruang dapur.

Menurut keterangan Eko, selaku Ketua RT setempat, wilayahnya memang langganan banjir , namun kali ini yang paling parah. 

Hingga kini warga masih membersihkan air dan material lumpur yang masuk ke rumah-rumah mereka. Sedangkan debet air yang sempat memutus akses jalan penghubung Kabupaten Kediri dan Nganjuk berangsur surut. [nng/kun] beritajatim.com

Komentar