Awas, Sampah di Sungai Masuk PLTA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
TULUNGAGUNG- Musim hujan membuat debit air Sungai Parit Raya dan Parit Agung naik. Hal ini juga berakibat kurang baik karena di dalam sungai itu membawa banyak sampah. Kondisi itu mengancam turbin generator pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di terowongan Neyama. Pasalnya, banyaknya sampah di sungai dikhawatirkan bisa masuk ke saluran PLTA.
Hardjito, warga di sekitaran muara sungai Parit Raya dan Parit Agung yakni Desa Besuki, Kecamatan Besuki mengaku sejak musim hujan Desember lalu, debit air sungai naik. Parahnya, sampah yangterbawa aur sungai juga bertambah. Tak hanya plastik, potongan katu dan bambu juga ikut terbawa. Sampah lain berupa dedaunan dan lumpur. “Memang banyak kotorannya. Semua terbawa arus menuju lautan melalui Pantai Sidem,” ungkapnya.
Saat dikonfirmasi, Penjaga Pintu Air Wuryani membantah jika ada sampah yang terbawa masuk hingga ke turbin generator. Pasalnya, sebelum masuk ke pintu air, ada penyaringan. Yakni menggunakan trash boom. Peralatan itu dipasang sepanjang pembagian saluran antara masuk ke PLTA dan pembuangan ke laut. “Tidak mungkin bisa masuk sampah itu. sistem penyaringan sudah dibuat sesuai standart yang digunakan pada bendungan,” ungkapnya kemarin (04/01).
Pria yang sudah bekerja sekitar 25 tahun itu mengatakan, ada tiga trash boom yang dipasang sebelum air masuk ke PLTA menggerakkan turbin. Setiap tahap trash boom terbuat dari jaring-jaring kawat. Pemasangan dilakukan hingga dasar sungai. peralatan lain yakni mesin pengaduk sehingga sampah yang tenggelam di dasar sungai bisa terangkat melayang hingga masuk ke trash boom. “Kami gunakan tiga tahapan itu agar air yang masuk ke PLTA benar-benar bersih dari sampah. Pihak PLTA sendiri juga tidak mau jika airnya kotor karena bisa merusak turbin,” jelasnya.
Kotoran yang sudah tersaring, nantinya akan dikeruk atau dipindahkan menggunakan peralatan lain.secara berkala, petugas juga memeriksa kondisi trash boom. Tujuannya jika terjadikerusakan bisa segera diketahui dan diperbaiki. “Kami bekerja sesuai standart operasional. Sampah yang rebawa arus air itu juga menjadi pengamatan kami,” imbuhnya.
Komentar
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.